Kegiatan ROHISMANDA

bagi adek-adek yang sudah lulus SMP dan insya Allah akan diterima ke Sekolah yang lebih tinggi yang adek inginkan atau yang ingin masuk SMA N 2 Sragen, kami segenap team Departemen dakwah dan IT ROHIS SMA N 2 sragen mengucapkan selamat dan kami mengucapkan selamat datang di Dunia pemuda-pemudi islam yang berada di SMA N 2 sragen atau biasanya di panggil cah ROHIS, apa tho kegiatan cah-cah rohis itu???, mari kita simak penjelasan di bawahnya...

Seperti biasa aja kita anak-anak yang ikhwan and akhwat di rohis smanda yang mempunyai misi untuk menyebarkan syiar islam, dan yang berpedoman pada al quran dan hadist.
Di rohis smanda banyak sekali kegiatan dirohis smanda itu example : kegiatan jangka panjang, jangka pendek, dan jangka dadakan.

Kegiatan jangka dadakan
Kegiatan ini tidak dibacakan di forum rapat tapi kegiatan ini dadakan, seperti sepak bola bagi yang ikhwan,bersih-bersih masjid, makan bareng-bareng, and kalo yang akhwat kayaknya bersih-bersih masjid juga, truz gak tau ya…

Kegiatan jangka pendek
Pada kegiatan ini juga bisa dibilang kegiatan rutin anak-anak rohis, tapi untuk ikhwan dan akhwatnya berbeda-beda lho…yaitu :

1.bagiken kotak infak dikelas-kelas
dari rohis memberikan kotak-kotak infak yang diberikan tiap kelas 1 kotak dan biasa diedarken tiap hari jum’at. kegiatan ini sudah berjalan rutinitas. Untuk dana infaknya buat mengadakan kegiatan-kegiatan dalam jangka pendek maupun jangka panjang, atau buat kepentingan masjid.

2.kajian rutin hari jum’at perkelas
“langsung saja dek..mau diisi kakak apa???” pastilah sudah tahu kalian semua, karana pada kajian rutin ditiap kelas ini yang mengisi dari kakak kelas XI, tapi kalau ada waktu longgar kami ngaturi bapak/ibu guru, tapi biasanya yang mengajar seperti bapak mukhtar, bapak bahar, dan bapak-bapak yang ngedukung rohis dan kalau ibu-ibunya seperti ibu anik, ibu erna, ibu titik, ibu catur, ibu ediyati bahasa Indonesia dan ibu-ibu yang ngedukung rohis. Biasanya yang diisi itu adek kelas semua alias kelas X, pada kegiatan ini diadaken tiap habis pulang sekolah dan anak-anak rohis bekerjasama dengan bapak/ibu guru agama islam untuk menambah nilai dengan cara kegiatan ini diabsen, so yang gak ikut kajian nilainya juga mempengaruhi agama islam juga lho…terus kalau yang gak pernah ikut….kasihan slaen gak dapet ilmu untuk akhirat juga nilai agamanya yang belum baik….

3.kajian rutin hari jum’at
kajian ini sebenarnya untuk umum (ikhwan and akhwat) tapi karena kurang sosialisasi, jadi sudah dianggap ngajinya hanya untuk anak-anak rohis saja, karena untuk temen-temen rohis diwajibkan untuk mengikuti kajian ini agar nanti bisa mengisi pada kajian rutin perkelas dan sebagai bekal untuk besok akhirat. Pada kajian ini diisi dengan materi kitab hadist riyadhusshalihin jilid 1, oleh ustadz yang jempolan plus berpengalaman dan diadakan pada jam 14.00 Waktu Insan Beriman sampai asar. Sebenarnya kegiatan pada kajian rutin hari jum’at ini ada kajian khusus ikhwan dan akhwat, dan kajian ini sebelum kajian kitab riyadhusshalihin, jadi tepat pada jam 13.00 Waktu Insan Beriman juga.
Kalau kajian yang khusus ikhwan adalah kajian yang diisi dari alumni rohis juga tapi beliau masih kuliah diUNS jurusan mesin. tafsir al quran dan suratnya baru sampai al kahfi itu yang biasa kami pelajari.


Akhwat in action
“Teng –teng crit”
What is teng-teng crit ?

“teng- teng crit kepanjangannya adalah “tenguk-tenguk crita, walaupun disebut teng-teng crit tapi jangan salah, crita disini bukan ngrasani lho,tapi kita berembug tentang dinullah membahas all about akhwat yang insya allah hanya ada hal yang bermanfaat didalamnya.
Teng-teng crit nama resminya adalah….KARIMA alias Kajian Rutin Muslimah SMANDA,
So, karima adalah kajian yang diikuti oleh semua remaja putrid yang bener-bener kepengin jadi muslimah yang kafah, disini kita akan mengupas semua tentang problematika muslimah tanpa harus malu, takut, canggung, pakewuh, or gimana gitu
Jangan takut boring ya….

Karena akan diadakan gubrakan2 seru didalmnya, Karima muncul tiap jum’at biasanya :
Jum’at pertama diisi dengan tahu isi…eits salah maksudnya kajiannya diisi oleh ustadzah-ustadzah local atau tentor dari guru en temanya itu “bebas”
Jum’at ke-dua diisi oleh ustadzah dari luar ( maksudnya dari luar skul gitu) itu namanya ustadzah Husna yah..namanya aja juga ustadzah Husna pass buanget ngisinya juga tentang “Asmaul Husna”
Jum’at ketiga dan keempat diisi oleh seorang ustadzah, ustadzah ini mengisi dengan buku panduannya yaitu “Sunatan Nisa’” dan Ash-sholihat,,namanya aja juga sholihat pastilah yang mempelajarinya pasti akhwat-akhwat yang sholehah..(hem…kalau diamalken)

Mengapa diKarima ada gubrakan-gubrakan seru???
Coz kalau lagi mute and buanyak rezeki,dikarima akan ngadakin lutisan bareng or game-game seru..
wuih..seru buanget dah tapi INGAT Just For AKHWAT hehe…so yang ikhwan gak leh ikut..Oia temen-temen akhwat bisa menjumpai Karima tiap malam jum’at kliwon di DPR (Dibawah pohon Ringin) hiy..pasti serem ya!!!
Waduh salah lagi deh nulisnya yang betul gini..nie..[ temen temen akhwat bisa menjumpai Karima tiap hari Jum’at, pukul 13.00 Waktu Insan Beriman, terus tempatnya diDPR (wah…jauh ya..) tapi jangan salah singkatannya gak beda dengan ketikan yang diatas aliasnya singkatan dari “Di bawah Pohon Rindang” pohonnya itu masih kawasan SMAN 2 Sragen kok…santai aja gak usah takut.

Di dalam karima itu ada apanya ya..?
Karima akan dimulai pada pukul 13.00 waktu Indonesia beriman,di DPR en kita-kita akan beraksi dengan menggelar tikar, bukan dengan kursi-kursi empuk, hidangan yang enak, kayak diDPR (Dewan Perwakilan Ruakyat….ttt) beneran lho ya…tapi ingat kita menggelar kelasa (=>bacanya keloso alias tikar) yang tak kalah empuknya dengan kursinya para ibu-ibu yang ada diDPR, hidangannya itu juga ada lho yaitu pandangan yang menyejukkan hati, yaitu tausyiah-tausyiah dari ustadzah-ustadzah en rumput-rumput yang hijau nan elok yang menyejukkan pandangan..
Karima ini pabila pas lagi beruntung itu akan diikuti sekitar 40 muslimah bebas dari segala penjuru kota sragen, untuk luar sragenpun kami mangga aken (persilahkan)
Biasanya acara karima akan dimulai dengan motivation dari mbak moderator truz tilawah, dilanjutkan dengan materi and yang terakhir akan diadakan Tanya jawab.

Bagi muslimah yang gak tau dimana tempat buat nanyaken problemanya, langsung aja nimbrung disitu, ustadzahnya bersahabat koq…dan dijamin dikarima steril anak putra

Kenyamanan terjamin selama kita ikhlas lillah

MLD “ Multi Level Da’wah”
Terobosan baru kegiatan akhwat yaitu MLD, terbagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari satu akhwat class XII, satu akhwat class XI, dan beberapa akhwat class X.
Acara ini khusus buat ngobrol-ngobrol,curhat, tupik(tukar pikiran), sharing dan karena acara ini khusus jadi gak ada ustadzah .
Tujuan khusus dari MLD adalah supaya bisa mengenal saudari seperti mengenal dirinya sendiri..
Karena acara ini super nyatai kadang diisi dengan bersih-bersih masjid together atawa tadarus berjamaah
MLD diadakan tiap ba’da school sebelum kajiannya ustad yusak..ya lebih kurang antara jam 12.45- 13.45. dimasjid al ihsan smanda khususnya base-campnya akhwat
Acara inipun bebas gak harus diikuti oleh anak-anak ROHIS, yang bukan rohis pun boleh buanget koq….

4.kajian rutin hari sabtu
“ A…..BA…TA…TSA…JA” begitu bunyinya ketika kalian memasuki kawasan orang-orang yang dipayungi para malaikat rahmat, tepatnya di Masjid SMANDA Sragen. Disini kami belajar mengaji al quran dengan baik dan benardan untuk mempelajari ilmu tajwid a, i, u,nya dalam membaca al quran. Kajian ini untuk umum dari luar pun kami juga persilahken karena yang mengisi ustadz gaul en pinter dalam agama juga, coz beliau pernah menimba ilmu disalah satu perguruan alias mondok..

5.kajian rutin hari senin
“hari senin juga masih kajian ???, apa om kajiannya?” begitulah salah seorang bertanya pada dirinya sendiri, karena sudah bisa ngejawab akhirnya dijawab oleh hatinya sendiri…mumet ya??? Sama…okey langsung aja pada kajian ini diikuti tidak lebih dan tidak kurang banyak sekali pengikutnya karena pada kajian ini dinaungi oleh para malaikat rahmat juga, boso arab begitu orang jawa menyebutnya, tapi kalau orang Indonesia bedanya agak sedikit yaitu bahasa arab. Kajian ini diisi oleh ustadz yang pinter lho... Beliau sangat intelegent dalam bercakap-cakap dalam bahasa arab (..ya..iyalah…khan ustadz bahasa arab..) hem...kajian ini untuk umum ikhwan, akhwat semuanya sangat boleh ikut.. dan dari luar anak rohis smanda maupun bukan anak smanda kaluwo sumanggaaken. Tepat pada jam 14.00 Waktu Indonesia Beriman kajian sudah dimulai, mengajinya adalah nahwu, shorof dan percakapan.


Kegiatan jangka panjang
Kegiatan ini diadakan dalam jangka yang panjang dan pada rohis angkatan 2008-2009 itu kegiatan yang sudah dijalankan yaitu adalah merupakan :

a.KIR (Kegiatan Intensive Ramadhan)
kegiatan ini diadakan ketika liburan bulan puasa dan menjelang mau idul fitri, hm…hm…kegiatan ini sangat buaik untuk membentuk karakter menjadi muslim or muslimah yang exelent, kerana pada kegiatan ini diisi dengan materi tematis seperti akidah, akhlak, dan fiqih yang mengisi adalah ustadz-ustadz yang jempolan selain itu juga diisi oleh para alumnie-alumnie rohis angkatan yang dahulu, biasanya mereka memberi motivation untuk adik-adik rohis yang akan menjadi penerus perjuangan islam di smanda.

b.Zakat Fitrah
Pas banget pada saat rohis angkatan 2008-2009 itu mengadakan kegiatan KIR selama 3 hari dan habis itu langsung zakat fitrah, wah sangat pusing juga karena harus mengerahkan banyak pasukan selain dari anggota rohis angkatan 2008-2009 kita-kita juga dibantu oleh kakak kelas dan alumnie rohis yang baik hatinya.

c.Latihan Qurban sapi
Lha pada saat ini kegiatan sebenarnya bukan untuk kurban tapi untuk latihan kurban, karena sapi satu itu yang urun sekitar 900 orang, karena dananya itu ditariki dari siswa-siswi yang muslim.(seharusnya khan kalau kurban beneran satu sapi, unta, itu maksimal untuk 7 orang saja
Kegiatan ini adalah kegiatan yang paling mengerikan plus mengasihankan, karena harus membawa pisau yang besar-besar dan tempat landasan untuk mengiris sapinya (kasihan ya sapinya…). Daging sapi ini dibagikan didaerah yang tidak mampu berurban.

d.Pengajian Akbar keluarga besar smanda sragen
Pengajian ini diadakan ketika hari libur maulid nabi, tapi karena pada tahun 2009 ini bapak Pembina rohis tidak mengijinkan untuk mengadakan pada hari itu, jadi kegiatan ini diadakan pada hari sabtu. Kegiatan ini didanai dari kas rohis, kas osis dan dari murid smanda yang muslim. Kegiatan yang diisi oleh bapak hanifullah dari solo dosen UNS,itu dengan tema “prolematika remaja”..wah asyik buanget. Ada session tanya jawab dan yang bertanya kepada ustadz akan mendapat doorpriez dari panitia.

e.Bazar buku
Pada kegiatan ini untuk mengisi hari jeda semester 2, dari anak2 rohis mengadakan kegiatan bazar buku yang bekerjasama dengan toko-toko buku yang berada di solo. Bazaar buku ini yang dijual bukan hanya buku saja tapi juga kerudung yang besar-besar, peralatan akhwat, ada juga stiker, alat-alat tulis dan dari temen-temen rohis sendiri ada yang menjual makanan juga lho. Uenak khan…

Kajian semuanya ini tidak dipungut pajak dan biaya apapun, adapun untuk pahala dan kebaikkan didunia maupun diakhirat itu berhak untuk pada para santri-santri yang hadir dengan niatan lillah.

0 komentar: